Membuktikan Keindahan Sendang Gile dan Tiu Kelep

image

Speechless

Pagi itu jam 08.00 WITA setelah sarapan dengan sepotong roti dan segelas teh hangat yang disediakan ibu pemilik homestay, Saya bersiap menuju Kecamatan Bayan tepatnya di Desa Senaru Kabupaten Lombok Utara yang berada di kaki Gunung Rinjani. Di kawasan ini terdapat air terjun terindah di Lombok versi Saya.
Berangkat dari Cakranegara yang merupakan pusat Kota Mataram menggunakan motor matic yang Saya sewa di homestay tempat Saya menginap tadi. Perjalanan ke Bayan melewati pesisir pantai di Senggigi, Bukit Malimbu pntai Nipah lalu melewati Pemenang hingga menuju Kecamatan Bayan. Lebih kurang Saya tempuh perjalanan akhirnya sampai juga di depan pintu masuk air terjun Sendang Giledan Tiu Kelep. Walaupun matahari kala itu sangat menyengat namun udara di kaki Gunung Rinjani ini sangat segar dan sejuk bebas dari polusi.

image

Perjalanan menuju Bayan, tampak Rinjani di kejauhan

_DSC0520

Welcome to Waterfall

_DSC0535

Sendang Gile Waterfall

Setelah membayar biaya retribusi sebesar lima ribu rupiah per orang, saya melanjutkan trekking yang tidak sampai sepuluh menit sudah sampai di air terjun Sendang Gile. Tidak terlalu lama Saya di air terjun Sendang Gile ini setelah foto-foto sebentar saya melanjutkan trekking menuju air terjun Tiu Kelep. Saat menuju Tiu Kelep saya melewati jembatan yang sangat curam, setelah melewati jembatan tadi saya berjalan mnyusuri aliran sungai yang sangat jernih yang pangkalnya dari air terjun Tiu Kelep.

Narsis dulu

Narsis dulu

menyeberangi  aliran sungai yang lumayan deras

menyeberangi aliran sungai yang lumayan deras

 

narsis di atas jembatan bersama mbak ndu

narsis di atas jembatan bersama mbak ndu

Waktu saya ke Sendang Gile dan Tiu Kelep jarang saya bertemu wisatawan lokal, mayorits pengunjungnya adalah turis mancanegara. Kebanyakan dari turis tersebut memakai jasa guide lokal, menurut info yang saya dapatkan tarif untuk guide lokal di sini berkisar 60-100 ribu rupiah. Brhubung saya itu turis kere saya tidak menggunakan jasa guide lokal di sini. Jalan menuju ke Tiu Kelep sudah sangat jelas sekali tinggal mengikuti jalan setapak yang telah disediakan dan waktu yang diperlukan cuma lima belas menit-an. Kalau pun takut kesasar bisa cari barengan saja mengikuti rombongan bule 😀
Perjalanan  yang melelahkan tadi akan sirna dengan sendirinya,  karena sampai di Tiu Kelep Saya dihadapkan dengan pemandangan yang spektakuler,fantstis,bombastis seperti kata Tukul Arwana, ya memang begitu adanya pemandangan air terjun Tiu Kelep sungguh indah, namun pengunjung perlu waspada kpda keselamatan diri anda karena aliran sungai sangat deras, kolam di bawah air terjun sangat dalam bagi yang tidak bisa berenang sangat TIDAK disarankan untuk mandi di bawah air terjun. Jika pengunjung ining berfoto dekat air terjun sebaiknya mnggunakan kamera yang water resist, karena air yang jatuh ke bawah berterbangan membuat kamera anda basah sesuai namanya ‘Tiu’ dalam bahasa Sasak berarti kolam sdangkan ‘Kelep’ berarti terbang.
image
image

Leave a Reply

