PACITAN NEVER ENDING BEACH

Pacitan, kota di ujung barat Jawa Timur yang berbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini memang menyuguhkan wisata alam yang sangat layak kamu kunjungi. Di kota yang berjululukan ‘KOTA 1001 GOA’ yang juga kota kelahiran Bapak Presiden RI yang ke enam (SBY) terdapat banyak pantai-pantai yang indah dan unik. Bagi kamu yang maniak pantai, tidak akan menyesal jika berkunjung ke kota ini, karena di Pacitan tidak hanya satu atau dua pantai saja yang wajib kamu jajah. Saya sendiri sudah meninggalkan jejak ke beberapa pantai di Pacitan diantaranya pantai Srau, pantai Klayar (pantai yang sedang naik daun di Pacitan), pantai Watu karung, pantai Pancer, pantai Buyutan, pantai Banyutibo dengan keunikannya, yaitu mempunyai air terjun yang jatuh langsung ke laut, dan pantai Nampu (yang ini sudah masuk Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah). Jarak dari pantai-pantai tersebut tidaklah jauh, kecuali pantai Pancer karena pantai ini berada di Pacitan kota yang masih ‘tetangganya’ pantai Teleng Ria. Aksesnya pun tidaklah sulit karena sudah banyak papan petunjuk ke arah pantai-pantai tersebut dan jalannya sudah mulus, bahkan terakhir ke sana (Januari 2014) ada sebagian jalan yang sudah dilebarkan.

Pantai Watukarung di Desa Watukarung Pacitan
Pantai Watukarung di Desa Watukarung Pacitan, jika beruntung bisa melihat para surfer di sini
Pantai Banyutibo dengan air terjun yang terjun langsung ke laut
Pantai Banyutibo dengan air terjun yang terjun langsung ke laut

Untuk menjelajahi wisata pantai di Pacitan memang tak cukup apabila hanya punya waktu satu hari jika kalian dari kota Surabaya. Biasanya saya akan mampir ke rumah teman, sewa home stay, atau bawa tenda sendiri untuk camping di area pantai. untuk hotel hanya bisa kalian temukan di sekitaran kota Pacitan dengan harga yang bervariasi.

Pantai Klayar dengan karang 'sphinx' nya sebagai identitas pantai ini
Pantai Klayar dengan karang ‘sphinx’ nya sebagai ciri khas pantai ini
Pantai Klayar dengan ombak besarnya
Pantai Klayar dengan ombak besarnya yang menghantam karang
Pemandangan pantai Klayar dari bukit di sebelah barat
Pemandangan pantai Klayar dari bukit di sebelah barat

Perlu kalian ingat bahwa pantai di Pacitan ini sangat terkenal dengan keganasan ombaknya, khas pantai selatan lainnya, jadi sangat disarankan untuk TIDAK berenang di pantai-pantai tersebut. Pantai Klayar sangat cocok bagi kamu penggemar Landscape fotografi apalagi yang beraliran slow speed photography. Pantai ini sangat unik sekali dengan background karang yang menyerupai patung sphinx di bagian timur pantai dan bisa mengeluarkan air mancur yang populer disebut seruling laut oleh warga sekitar. Oh iya pantai di Pacitan tidak semuanya mempunyai fasilitas yang lengkap, hanya pantai yang ramai dikunjungi seperti klayar lah yang memiliki fasilitas yang lumayan lengkap seperti toilet dengan air tawar, mushola, warung, dan lahan parkir cukup luas.

mengabadikan landscape klayar
mengabadikan landscape klayar
DSC01072
Pantai Nampu dari atas bukit

Jika ombak sedang bersahabat kalian bisa menemukan surfer-surfer yang menjajal barrel di pantai Srau dan Watu karung bahkan di pantai Pancer sekalipun, jadi tidak perlu jauh-jauh ke bali untuk menyaksikan para surfer beraksi.

Karang bolong pantai Srau
Karang bolong pantai Srau
DSC00962
Pantai Pancer yang masih sepi
Rock Formation @Klayar
Rock Formation Klayar
Papan peringatan bahaya di pantai Klayar
Papan peringatan di pantai Klayar
Narsis dulu latar belakang pantai Buyutan
Narsis dengan latar belakang pantai Buyutan
pemandangan pantai Srau
pemandangan pantai Srau
Pantai Buyutan dari atas bukit
Pantai Buyutan dari atas bukit
DSC01062
Salah satu warung di pantai Nampu yang buka waktu itu
penampakan semburan 'seruling laut' di pantai Klayar
Penampakan semburan ‘seruling laut’ di pantai Klayar

Banyak rute untuk sampai di kota Pacitan ini, jika dari arah Surabaya bisa bisa ditempuh kurang lebih 300km melalui kota Madiun kemudian lanjut ke arah kota Ponorogo (rute yang biasa saya lewati) yang melewati hamparan bukit ‘karst’ sepanjang jalan Ponorogo – Pacitan dengan kontur jalan yang ‘rolling’ naik turun. Rute dari Surabaya yang lainnya bisa melewati arah Traenggalek di JLS (Jalur Lintas Selatan) yang baru selesai dibangun ini juga patut dijajal karena kamu akan disuguhi pemandangan pesisir pantai selatan sepanjang jalan Trenggalek – Pacitan. Untuk kamu yang dari arah kota Solo atau Yogyakarta juga sudah mudah mendapatkan petunjuk menuju wisata pantai di Pacitan. Rasanya tidak ada bosannya saya berkunjung ke Kota 1001 Goa ini, entah itu rame-rame atau dengan beberapa orang tetap saja memberikan pengalaman yang berbeda dari kunjungan saya sebelumnya.

SELAMAT BERWISATA DI PACITAN JAGA PANTAI TETAP BERSIH

Salam keluyuran

One thought on “PACITAN NEVER ENDING BEACH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s