SUNRISE IN MY LIFE

Sebelum punya kamera digital cara saya menikmati momen matahari terbit cukup dengan duduk santai menghirup segarnya udara pagi sembari mengucap syukur telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menikmati ciptaanNya yang sangat indah ini. Saya memang penikmat sunrise, jalan-jalan ke manapun saya selalu sempatkan mencari info tempat terbaik menyaksikan matahari terbit. Siapa yang tidak takjub melihat lukisan alam karya Sang Pencipta Semesta ini, matahari yang seolah muncul dari permukaan laut, di dataran tinggi matahari perlahan menunjukan dirinya di balik bukit pegunungan. Sungguh pemandangan seperti itu yang membuat saya rela bangun pagi-pagi hanya untuk menyaksikan terbitnya fajar. Setelah punya kamera digital saya jadi punya ‘teman’ yang selalu saya ajak bangun pagi untuk mengabadikan sunrise di pantai maupun di gunung. Aksesoris pendukung lainnya untuk memotret sunrise yaitu tripod dan shutter release, saya sendiri belum punya shutter release jadi saya gunakan timer yang ada di menu kamera.

Sunrise di Pantai Kenjeran
Sunrise di Pantai Kenjeran
KENJERAN SUNRISE
KENJERAN SUNRISE
Golden Sunrise Kenjeran
Golden Sunrise Kenjeran
Siluet sunrise pantai Kenjeran
Siluet sunrise pantai Kenjeran

Sebagai warga kota Surabaya, Saya agak susah menemukan momen matahari tenggelam di kota ini, namun jika ingin mengabadikan matahari terbit pantai Kenjeran tetap yang favorit sebagai pilihan mengabadikan sunrise. Jika ingin mengabadikan sunrise dengan latar belakang pegunungan tak ada yang bisa menandingi pesona sunrise di gunung Bromo di kawasan Probolinggo.

menikmati semburat orange dari lava view TNBTS
menikmati semburat orange dari lava view TNBTS
matahari terbit saat camping di Lava View Bromo
matahari terbit saat camping di Lava View Bromo

Ketika berkunjung ke Pulau Karimunjawa saya juga tak lupa mencari informasi tempat untuk mengabadikan sunrise dan sunset yang bagus, contoh pada saat pagi hari saya tiba di pelabuhan penyebrangan kapal dari Jepara ke Pulau Karimunjawa yaitu pelabuhan Kartini, saya sempatkan untuk ‘berburu’ sunrise di sekitar pelabuhan tersebut.

Sunrise di pelabuhan Kartini Jepara, Jawa Tengah
Sunrise di pelabuhan Kartini Jepara, Jawa Tengah
Mendung yang berkolaborasi dengan sinar matahari pagi di pelabuhan Kartini jepara
Mendung yang berkolaborasi dengan sinar matahari pagi di pelabuhan Kartini jepara

Pagi hari di sekitar pelabuhan Pulau Karimunjawa juga tak kalah eloknya, saya dan beberapa teman saya rela bangun pagi-pagi dan jalan kaki yang jaraknya lumayan jauh demi mengabadikan matahari terbit di dermaga, hasilnya seperti ini.

Refleksi dan semburat mentari pagi
Refleksi dan semburat mentari pagi
Dermaga Pelabuhan Besar Karimunjawa
Dermaga Pelabuhan Besar Karimunjawa
Silent Morning
Silent Morning

Air laut yang tenang, perahu nelayan yang berbaris rapi, serta cuaca pagi yang bersahabat merupakan perpaduan yang sempurna yang saya dapati saat merekam indahnya pelabuhan di Karimunjawa saat pagi hari. Di salah satu resort ternama di pulau ini juga ada pantai yang menurut saya sempurna banget untuk berburu foto keindahan sunrise. Tidak jauh dari pelabuhan besar menaiki jalan menanjak sampailah kita di Nirwana Resort. Walaupun masih sangat pagi dan hari masih gelap pantai di resort tersebut sudah ramai diserbu para landscaper yang tak mau ketinggalan momen berharga ini. Oh iya meski kita tidak menginap di resort yang mewah ini kita tetap bisa masuk dengan membayar biaya retribusi kepada penjaga resort tersebut.

Siluet Nirwana Resort
Siluet Nirwana Resort
Foto narsis teman-teman saya :D
Foto narsis teman-teman saya 😀
Epic
Epic

Salah satu pemandangan di pantai Nirwana Resort

Semburan sinar mentari pagi bergradasi birunya langit
Semburan sinar mentari pagi bergradasi birunya langit
Siluet teman-teman saya yang berpose
Siluet teman-teman saya yang berpose
Matahari yang 'mengintip'
Matahari yang ‘mengintip’
Semburat orange
Semburat orange
Masih pagi di pantai Nirwana Resort
Masih pagi di pantai Nirwana Resort
Blue Hour before sunrise
Blue Hour before sunrise

Waktu saya diajak untuk pertamakalinya ke Pacitan oleh seorang teman kerja saya, kami berdua juga menyempatkan berhenti sejenak di jalan raya Ponorogo – Pacitan. Pada saat kami melintas jalan tersebut jam menunjukan pukul 5pagi. Tujuan kami berhenti untuk mengabadikan munculnya matahari dari perbukitan karst,segera kami berdua mengeluarkan makanan kamera.IMG_0813

IMG_0841

Matahari sudah mulai nampak
Matahari sudah mulai nampak

Untuk foto-foto SUNRISE dari saya segitu dulu aja yah,next time cari lagi tempat-tempat yang indah sunrise-nya.

10 thoughts on “SUNRISE IN MY LIFE

    1. Thx Mbak Winny sdh berkenan mampir,maksudnya diwatermark.
      Iya nih saya lupa kasih watermark hehehe… Yang mau ambil karya2 saya silahkan saja,itu aja saya baru belajar moto 😀

Leave a comment